Cara Istiqamah Menurut Islam

 Cara istiqamah

Pada artikel kali ini kita akan bahas tentang cara-cara beristiqamah, mudah-mudahan dengan artikel ini penulis bisa sedikitnya membantu  cara-cara agar kita selalu istiqamah. Mohon disimak ya!




cara istiqamah
www.kompasiana.com


 Cara-cara agar selalu istiqamah

1)    Pahamilah kebesaranya


Pahamilah oleh kita renungkan dalam-dalam untuk apa kita diciptakan kemuka bumi,temukanlah Jatidiri kita, bayangkan berjuta-juta bintang dilangit dengan sempurna beredar dengan garis edarnya masing-masing apakah semua itu terjadi dengan sendirinya ataukah ada zat yang lebih besar lagi maha sempuna yang telah menciptakan hal tersebut.

2)    Perbanyaklah bergabung dengan majelis ilmu


Majelis ilmu, Bergabunglah dengan majelis imu dengan majelis ilmu tersebut insya allah kita akan selalu mendapat ilmu ilmu yang akan selalu menambah keimanan kita, sehingga kita akan selalu tetap istiqamah dijalannya

3)    Tutup semua pintu yang berhubungan dengan maksiat


Tidak bisa dipungkiri banyak hal yang membuat keimanan kita goyah, salah satunya dengan
maksiat, tutuplah pintu maksiat itu apapun yang berhubungan dengan maksiat, contohnya melihat sesuatu yang diharamkan,mendengar sesuatu yang semestinya kita dengar, Dan lain sebagainya. Ibaratkan dengan suatu rumah, jika rumah tersebut terbuka pintu atau jendelanya tentulah akan banyak benda benda yang masuk (angin,serangga,daun,dsb), jika rumah tersebut tertutup maka tentulah kita akan merasa selalu nyaman sehingga kita betah mendiami rumah tsb.

4)    Berteman lah dengan orang yang soleh


Dalam faktor lingkungkan tentunya akan berpengaruh dalam keistiqamahan kita, ”pemisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya,dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapat bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

5)    Perbanyaklah beribadah


Dengan ibadah insyallah kita akan selalu mengingatnya dengan syarat beribadahlah dengan sungguh-sungguh, jikalau kita sholat pahamilah apa makna bacaan yang kita baca, jikalau kita
bersodakoh ingatlah akan pahala yang bisa kita  panen diakhirat kelak.

6)    Perbanyaklah mengingat mati


Bayangkan oleh kita teman teman atau sodara kita yang sudah mati, wajahnya, badannya, canda dan tawanya. Sekarang mereka terbujur kaku dibungkus dengan kain putih tak berdaya. Mereka ditimbun ditempat yang gelap seorang diri, tidak ada hal yang mereka bawa kecuali amalan sholeh yang telah mereka buat didunia. Itulah yang bisa kita jadikan pelajaran perbanyaklah mengingat mati insyaallah dengan mengingat mati iman kita akan bertambah sehingga kita akan mudah beristiwamah.


Itulah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk selalu menjaga keistiqamahan kita, insyaallah jika kita bersungguh-sungguh dengan hal tersebut kita akan selalu tenang dalam beribadah. Terimakasih semoga bermanfaat.

Baca juga : Arti Jati Diri

Related Posts:

0 Response to "Cara Istiqamah Menurut Islam"

Posting Komentar

berkomentar dengan bijak ya😊